Active

Begini Cara Ampuh Menghilangkan Bau Bawang Setelah Masak

Amarissa Nabilla | 04 January 2019 - 14:00
Begini Cara Ampuh Menghilangkan Bau Bawang Setelah Masak Begini Cara Ampuh Menghilangkan Bau Bawang Setelah Masak

STYL.ID, Jakarta—Bawang selalu digunakan sebagai bumbu penyedap makanan. Ketika mengupas bawang, baunya akan tertinggal di tangan dan sulit hilang. Bahkan ketika kamu sudah cuci tangan dengan sabun, baunya masih tertinggal dan menyengat. Dilansir dari Buzzle, begini cara ampuh menghilangkan bau bawang tanpa menggunakan sabun:

Baca JugaRayakan Natal, Dua Seleb Hollywood Ini Pakai Karya Desainer Indonesia

Kopi Hitam

Pasti kamu pernah kan ke toko parfum lalu disediakan bubuk atau biji kopi? Bubuk kopi hitam dikenal mampu menghilangkan dan menetralkan bau yang menyengat. Bukan hanya bau bawang saja lho, namun bau menyengat lainnya juga bisa dihilangkan menggunakan kopi.

Usapkan Tangan Pada Peralatan Berbahan Stainless Steel

Stainless steel berbahag logam yang mampu menghilang dan menetralkan bau bawang yang menyengat. Caranya cukup usapkan tanganmu pada peralatan yang berbahan stainless steel.

Baking Soda

Campurkan baking soda dengan air dan gosokan ke tangan yang bau bawang, lalu bilas hingga bersih. Hal ini dapat menghilangkan bau bawang yang menyengat.

Pasta Gigi

Kandungan flouride di dalam pasta gigi mampu menghilangkan bau bawang atau bau apapun yang menyengat. Gunakan pasta gigi seperti sabun pada tanganmu, lalu bilas dengan air.

Semoga bermanfaat ya, Ladies. Jangan lupa untuk menggunakan hand sanitizer ya!

Baca JugaSst! Miss Universe 2018 Gunakan Bulu Mata Produksi Indonesia!

Jangan lupa untuk SUBSCRIBE YouTube STYL.ID dan Follow #STYLTeam di Instagram untuk tahu lebih banyak update ya!

Trending
Entrepreneur

Minat Nikah di Bali? Kamu Bisa Coba Layanan Ini

Subkhan J. Hakim | 2 jam yang lalu
Minat Nikah di Bali? Kamu Bisa Coba Layanan Ini Minat Nikah di Bali? Kamu Bisa Coba Layanan Ini

STYL.ID, Denpasar--Bali memang menjadi salah satu destinasi wisata paling seksi yang ada di Indonesia. Tidak terkecuali untuk menggelar destination wedding. Menurut Bali Wedding Easy, selaku platform marketplace pernikahan di Bali, setidaknya setiap tahunnya ada 16,000 pernikahan yang digelar di Pulau Dewata.

"Kami ingin mengubah paradigma kalau menikah di Bali itu sudah pasti mahal. Padahal belum tentu juga," kata Yano Sumampouw selaku salah satu founder Bali Wedding Easy, Jumat, 17 Mei 2019 di International Convention Center Bali, Mall Bali Galeria. 

Dalam peluncuran resminya kali ini, Bali Wedding Easy menggelar mini expo yang diikuti sekitar 15 vendor. Mulai dari catering hingga dekorator atauppun wedding planner bertempat di IC Center Bali. 

Menurut Yano, dengan potensi wisata yang dimilikinya, menggelar pernikahan impian di Bali justru menjadi sangat mudah. "Yang kami lakukan hanya memanfaatkan infrastruktur wisata yang sudah ada," kata dia.

Uniknya, pernikahan yang digelar di Bali sebagian besar bukan resepsi besar-besaran. "Malah ada yang hanya dua orang, yaitu pasangan pengantinnya sendiri," kata Yano.

Itu justru bukan menjadi penghalang bagi Yano beserta Josephine Milka dan Marcellino Santoso untuk merintis Bali Wedding Easy sejak 2014.Dengan berbagai macam keterbatasan, platform ini akhirnya meluncur resmi untuk publik pada 17 Mei 2019.

Yang membedakan Bali Wedding Easy dengan platform serupa adalah, paduan paket dan verifikasi yang terjamin atas vendor yang digunakan. Penawaran atas paket pernikahan yang mudah dan cukup terjangkau, serta metode pembayaran yang terus disempurnakan menjadi salah satu daya tarik utamanya.

Yano mencatat setidaknya ada lebih dari 70 vendor yang sudah terdaftar dalam listing mereka. Sedangkan masih ada ratusan lainnya yang menunggu untuk diverifikasi sebagai vendor terdaftar.

Lalu, sebenarnya seberapa murah pernikahan di Bali bisa dilakukan? Untuk 20 orang undangan, besaran yang dipatok bisa mencapai Rp 50 juta. Kamu tertarik untuk mencoba ladies? 

Subscribe to our newsletter

Connect with us

Fashion

Terinspirasi Rugby, Label Pakaian Eden Park Rilis di Indonesia

Subkhan J. Hakim | 2 jam yang lalu
Terinspirasi Rugby, Label Pakaian Eden Park Rilis di Indonesia Terinspirasi Rugby, Label Pakaian Eden Park Rilis di Indonesia

STYL.ID, Jakarta--Label pakaian premium ready to wear asal Paris Eden Park resmi masuk ke Indonesia. Eden Park merupakan nama yang diambil dari nama sebuah stadion olahraga rugby yang punya arti khusus bagi Eric Blanc dan Frank Mesnel selaku pendirinya pada 1987.

Kebetulan, keduanya merupakan atlet rugby yang kemudian merintis label pakaian yang satu ini. "Eden Park itu sebenarnya nama stadion tempat kami bertanding dalam Kejuaraan Dunia Rugby. Tempat itu punya kenangan tersendiri bagi kami," kata Mesnel dalam peluncuran resmi Eden Park di Indonesia, Jumat, 10 Mei 2019.

Eden Park sendiri punya logo khusus berupa bow tie atau dasi kupu-kupu berwarna pink yang ikonis. "Itu merupakan aksesori yaang kami kenakan saat berlaga di final rugby," kata Mesnel.

Apa yang bermula dari statement pada saat pertandingan, kemudian perlahan berkembang menjadi ide kreatif label fashion. Tentu, elemen rugby menjadi salah satu jualan utama dan identitas Eden Park yang hingga kini aktif mendukung aktivitas rugby di sleuruh dunia.

Seragam khas rugby berupa kaos berkerah dengan sentuhan stripp warna warni menjadi salah satu ciri produk Eden Park. Tapi tidak cuma itu, label ini juga kemudian merambah formal wear, children wear hingga pakaian wanita.

Mesnel sendiri mengatakan kalau dia menyadari di Indonesia rugby bukanlah olahraga yang populer. "Tapi saya yakin dalam beberapa tahun ke depan rugby bisa mulai dilirik," kata Mesnel.

Optimisme yang sama juga diungkapkan oleh Denny Utomo selaku CEO Utomo Corp yang menjadi mitra dari Eden Park. Menurut Denny, dia yakin kalau Eden Park akan memiliki segmennya sendiri. Apalagi, Utomo Corp selaku korporasi juga menaungi disttribusi produk otomotif. "KAmi percaya komunitas kami nantinya bisa tertarik dengan konsep ini," kata dia.

Eden Park sendiri sudah meresmikan toko pertamanya di Plaza Indonesia. Kamu tertarik untuk melihat produknya? 
 

Trending
Celeb

Cantiknya Alexina Graham, Model Baru Victoria's Secret

Nada Inditya Lifa | 2 jam yang lalu
Cantiknya Alexina Graham, Model Baru Victoria's Secret Cantiknya Alexina Graham, Model Baru Victoria's Secret

STYL.ID, Jakarta--Victoria's Secret kembali mengumumkan model terbarunya nih, ladies! Setelah sebelumnya resmi mengumumkan Barbara Palvin, kali ini nama Alexina Graham yang ditunjuk untuk menjadi Victoria's Secet Angel. 

Perempuan berusia 29 tahun itu sontak menjadi perbincangan internet karena beberapa fakta yang dimilikinya. Meski Alexina Graham baru dua kali berjalan di panggung Victoria's Secret Fashion Show, rupanya ia mampu membuktikan kehebatannya yang terbukti dengan status 'angel'-nya kini. 

Selain itu, banyak yang belum tahu kalau pada saat masih kecil, Alexina Graham sering dibully karena rambut merahnya yang dianggap terlalu menyolok. 

Namun kini, ia menjadi red head pertama sepanjang sehjarah yang bisa kamu lihat di Victoria's Secret Fashion Show. Well, gimana nih tanggapan kamu, ladies?

 

Trending
DIY

Meski Cuaca Panas, Begini Caranya Agar Kulit Tetap Nyaman

Nada Inditya Lifa | 2 jam yang lalu
Meski Cuaca Panas, Begini Caranya Agar Kulit Tetap Nyaman Meski Cuaca Panas, Begini Caranya Agar Kulit Tetap Nyaman

STYL.ID, Jakarta--Tinggal di negara beriklim tropis memang membuat kamu sering terpapar sinar matahari. Seringkali, ketika cuaca sangat panas pasti kamu merasa nggak nyaman, apalagi ketika sedang menggunakan makeup. Keringat dan minyak pada wajah akan membuat tampilan makeup jadi berantakan. Nah tenang saja, nggak perlu bingung lagi berikut ini 3 cara agar kulitmu tetap nyaman meski berada di cuaca panas.

Jangan lupakan oil face paper 

Saat panas, produksi minyak di wajah memang cenderung meningkat. Tapi, kamu tahu nggak sih kalau kelebihan minyak pada kulit seringkali terjadi karena dehidrasi? Untuk itu, jangan lupa juga untuk minum air putih dan bawa face paper kamu agar wajahmu nggak kotor ya, ladies!

Pilih sunscreen yang ringan 

Pemakaian sunscreen untuk sehari-hari merupakan sebuah kewajiban untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV. Meski begitu, banyak yang malas menggunakan sunscree karena merasa teksturnya kurang nyaman digunakan apalagi ketika cuaca panas. Sebagai solusinya, yuk coba gunakan sunscreen ringan berfomula water capsule yang tetap nyaman digunakan meski saat cuaca panas.

Gunakan face mist

Terakhir, paparan sinar matahari yang terlalu dapat menyebabkan wajah menjadi merah dan berkeringat. Salah satu cara instan untuk menangani masalah ini adalah dengan memberikan kesegaran pada wajahmu dengan menyemprotkan face mist. Bukan hanya menyegarkan, face mist juga mampu menenangkan kulit dan mencegah dehidrasi sehingga kulitmu akan tetap terasa nyaman meski berada di cuaca yang panas.

Tuh, mudah banget kan ladies? Selamat mencoba ya!
 

Trending
Fashion

Intip Kolaborasi LAKME dan Disney dalam Make Up Putri Jasmine Ini!

Subkhan J. Hakim | 2 jam yang lalu
Intip Kolaborasi LAKME dan Disney dalam Make Up Putri Jasmine Ini! Intip Kolaborasi LAKME dan Disney dalam Make Up Putri Jasmine Ini!

STYL.ID, Jakarta--Memperingati film Aladdin live version yang sebentar lagi tayang, LAKME bekerjasama dengan Disney Indonesia meluncurkan koleksi make up khusus bertajuk A Whole New Look. Ini merupakan kolaborasi pertama LAKME dengan Disney.

“LAKMÉ dengan bangga meluncurkan tren makeup bertema “A Whole New Look”, yang bisa didapatkan melalui rangkaian produk best seller berbalut kemasan khusus Disney’s Aladdin hasil kolaborasi LAKMÉ Absolute Reinvent bersama Disney Indonesia. Koleksi terbaru LAKMÉ ini akan menggunakan warna-warna hangat nan elegan yang diprediksi akan menjadi salah satu tren makeup di tahun 2019. Selain itu, warna dan varian produk ini cocok digunakan pada semua tipe warna kulit perempuan Indonesia, memperkuat tampilan makeup para trendsetter, bringing out the confident Jasmine in them,” ujar Adina Tontey, General Manager LAKMÉ Indonesia.

Kecantikan Putri Jasmine dalam film Aladdin menjadi inspirasi dalam koleksi terbaik LAKME kali ini. Princess Jasmine memiliki karakter yang kuat. Ia merupakan perempuan berani, mandiri dan berkomitmen, namun tetap memiliki jiwa yang bebas, menyenangkan, serta cerdas dan baik hati. Nilai-nilai yang melekat pada karakter Princess Jasmine inilah yang dapat menginspirasi perempuan modern Indonesia masa kini, yang memiliki berbagai macam tujuan namun tetap memegang teguh akar budaya.

Menurut pro-Stylist LAKME Indonesia, Archangela Chelsea mengatakan kalau tampilan ala Princess Jasmine ini cocok dengan perempuan Indonesia. “Skin tone hangat yang dimiliki oleh karakter Princess Jasmine sangat mirip dengan skin tone perempuan Indonesia, karena itu kami menggunakan produk dengan warna-warna yang sesuai untuk mendapatkan look yang cantik elegan ala Princess Jasmine.” Chelsea mengatakan lebih jauh bahwa warna-warna ini akan menghasilkan “A Whole New Look” yang cocok digunakan untuk menyambut Ramadan dan Idul Fitri.

Untuk itu, LAKMÉ mengkurasi produk-produk terbaiknya dalam LAKMÉ Absolute Reinvent & Disney’s Aladdin Collection untuk menghasilkan tampilan makeup yang bold dan elegan terinspirasi dari Princess Jasmine. Koleksi LAKMÉ bersama Disney kali ini, terdiri dari Eyeshadow Palette - Royal Persia untuk mendapatkan warna mata yang lebih mewah, Precision Liquid Liner untuk mempertajam tampilan mata, Blush Duo - Pink Blush, Sun-kissed Bronzer, Moonlit Highlighter yang dapat menampilkan kesan glowing, Sculpt Matte Lipstick - Nudes dan tidak lupa produk andalannya Matte Melt Liquid Lip Color. Selain itu, yang membuatnya spesial rangkaian makeup LAKMÉ Absolute Reinvent & Disney’s Aladdin Collection hanya akan diluncurkan di Indonesia dalam jumlah terbatas. 

Kamu tertarik untuk mencobanya ladies?

 

Trending
Active

Ramadan, Endeus Tv Luncurkan Campaign Rantai Kasih Sayang

Rahma Fitriani Masayu | 2 jam yang lalu
Ramadan, Endeus Tv Luncurkan Campaign Rantai Kasih Sayang Ramadan, Endeus Tv Luncurkan Campaign Rantai Kasih Sayang

STYL.ID, Jakarta-- Ramadan bukan hanya bulan di mana kita menahan lapar dan haus. Di bulan penuh yang penuh berkah ini, masing-masing dari kita berlomba untuk menyebarkan kebaikan kepada sesama. Salah satu yang paling mudah ditemukan adalah memberikan sajian kepada yang membutuhkan.

Di bulan ini pula, Endeus dengan bangga mempersembahkan Rantang - Rantai Kasih Sayang untuk menyambut semangat kebaikan di bulan suci ini. "Kami percaya bahwa makna kebaikan akan lebih terasa jika terus dibagikan, dan makanan merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan rantai kebaikan tersebut," ujar David Wayne Ika selaku Chief Executive Officer dari Endeus.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Endeus.tv ???? (@endeus.tv) on

Seperti yang kita semua sudah tahu, rantang mampu menyimpan banyak sajian bersama tiap susunannya. Rantang juga merupakan simbol tradisi penyambung silaturahmi melalui kehangatan makanan di dalamnya. Melalui rantang, Endeus ingin berbagi esensi Ramadan, di mana kita diingatkan untuk berSABAR, berSYUKUR, berEMPATI, hingga mempererat KEBERSAMAAN seperti sajian yang ada di dalam setumpuk rantang yang dirangkum dalam #CeritaRantang.

Dengan jumlah ENDEUSiast yang semakin berkembang sejak Endeus diperkenalkan kepada para pemasak rumahan dan pencinta kuliner dua tahun lalu, Endeus mengharapkan campaign ini dapat menyebarkan kebaikan dan inspirasi yang lebih banyak lagi kepada masyarakat yang lebih luas, melalui 4 program spesial, seperti:

 

1. Pejuang Cilik: Tutorial video memasak yang diharapkan dapat menginspirasi ibu muda dalam
mempersiapkan sajian penyemangat untuk buah hati, terkhusus yang pertama kali menjalani ibada puasa di bulan
Ramadan ini.

2. Chef of the Month - Baking with the Expert : Kue kering telah menjadi ladang bisnis di hari-hari besar
Indonesia, salah satunya di bulan Ramadan. Endeus menyajikan 4 video tutorial langsung dari pemasak yang
berkompeten, untuk membedah rahasia di balik berbagai kelezatan kue kering klasik yang tetap dicintai, seperti
Kaastangel, Nastar, Putri Salju, dan Lidah Kucing.

3. Hidangan Andalan Ramadan: Merasa bisa merancang dan mendeskripsikan menu andalan sehingga
bisa bahkan hanya sekedar membaca saja? Wajib mengikuti kompetisi yang satu ini. ENDEUSiast cukup
men-sumbit 5 menu andalan yang ingin ditampilkan di bulan Ramadan. Kompetisi yang berlangsung mulai 6 - 20
Mei 2019 ini akan diganjar dengan hadiah produk memasak dari Karaca dan voucher belanja senilai jutaan rupiah.

4. Endeus Berbagi: Mepet menyiapkan waktu bersantap sekarang sudah terakomodir berkat transportasi
online. Tetapi, sadarkan bahwa di balik itu semua terdapat jasa dari para driver yang rela mengorbankan waktu
bersantap berbuka demi nyamannya rasa perut kita? Sebagai rasa apresiasi Endeus terhadap semangat kebaikan
teman-teman driver ojol, Endeus memberikan santap berbuka gratis untuk para driver online yang sedang bertugas
di jalanan di minggu ketiga berpuasa.

Endeus percaya dengan memberi bukan berarti akan mengurangi apa yang sudah kita punya, melainkan menjaga semangat kebaikan agar terus berkobar di manapun dan untuk siapapun. Yuk, siapkan diri untuk menjalankan #RamadanEndeus yang sesungguhnya!

Trending
Fashion

Ini 10 Tampilan Met Gala 2019 yang Sukses Mencuri Perhatian

Subkhan J. Hakim | 2 jam yang lalu
Ini 10 Tampilan Met Gala 2019 yang Sukses Mencuri Perhatian Ini 10 Tampilan Met Gala 2019 yang Sukses Mencuri Perhatian

STYL.ID, Jakarta--Setiap tahunnya, perhelatan Met Gala untuk New York Metropolitan Museum selalu berhasil mencuri perhatian. Dalam ajang ini, seluruh seleb yang diundang seakan berlomba untuk menjadi yang paling menonjol dan mencuri perhatian.

Tahun ini, Met Gala mengusung tema Camp: Notes to Fashion. Gaya 'camp' atau disebut dengan ejekan 'campy' merujuk pada gaya yang ironis atau selera pribadi yang sangat berbeda dibandingkan selera estetis pada umumnya.

Tema Camp sendiri diambil dari essay karya Susan Sontag bertajuk Camp: Notes to Fashion. Sedangkan gaya Camp pada akhirnya banyak merujuk pada subkultur drag alias crossdressing yang tak jarang teatrikal ataupun extravaganza.

Camp itu pada akhirnya dterjemahkan sebagai kemampuan bebas berekspresi dan kadang keberanian untuk menjadi aneh dan berbeda untuk bisa diterima di masyarakat.

Untuk itu, Met Gala tahun ini merupakan penghargaan terhadap gaya individu dan juga selera personal yang bisa sangat beragam. Para penata gaya seleb tidak malu-malu menafsirkannya menjadi sesuatu yang glamour dan tak jarang out of the box.

Siapa saja seleb yang berhasil mencuri perhatian di Met Gala 2019?

 

Zendaya

Mengenakan gaun karya Tommy Hilfiger, Zendaya dan Roach sukses menyuguhkan drama di karpet Met Gala. Bagaimana tidak? Zendaya berhasil berubah dari gadis dengan gaun abu-abu menjadi putri cantik dengan gaun yang berpendar dari serat optik. Tidak lupa, dia juga meninggalkan sepatu kacanya di karpet.

 

Cardi B

Usai mengenakan gaun Venus karya Mugler di ajang Grammy bebebrapa waktu lalu, Cardi memutuskan untuk mengenakan karya dari Thom Browne. Gaun merah panjang ini penuh dengan tekstur yang membuat Cardi seperti makhluk misterius dari masa depan.

 

Naomi Campbell

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Naomi Campbell (@naomi) on

Supermodel 90-an ini tampil dengan gaun dengan banyak bulu karya Pierpaolo Piccioli dari Valentino. Ini merupakan terjemahan yang sukses dari tema Camp secara halus.

 

Lady Gaga

Bukan Lady Gaga kalau gak jadi show stopper. Lewat gaun dari Brandon Maxwell, Gaga berganti empat tampilan dalam satu gaun. Dimulai dengan gaun fuschia panjang yang serba tertutup, kemudian berganti dengan gaun hitam dengan bustier asimetris, lalu kembali lagi dengan gaun straples warna fuschia yang pendek, hingga lingerie hitam. Uniknya, pada setiap tampilannya, Gaga membuat aksi yang teatrikal.

 

Janelle Monae

Mengenakan gaun karya Christian Siriano, Janelle Monae tampil dengan gaun yang terinspirasi dari lukisan kubistik seperti lukisan Pablo Picasso. Dia melengkapinya dengan topi yang bertumpuk. Tentu ini jadi tampilan unik dan tidak biasa yang layak untuk tema ini.

 

Billy Porter

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Billy Porter (@theebillyporter) on

Tampil dengan aksi yang bikin terheran-heran, Billy Porter diusung oleh enam pria berotot unuk masuk ke karpet pink Met Gala 2019. Mengenakan karya dari The Blonds yang berlapis emas dan dilengkapi dengan sepatu dari Zanotti, Billy Porter sukses menyuguhkan drama di Met Gala.

 

Harry Styles

Sebagai salah satu host acara, Harry Styles punya standar yang tinggi untuk tampil di Met Gala 2019. Tampil dengan blus hitam dengan ruffles plus sepatu dengan hak yang feminin, Harry menunjukkan kalau dia berani tampil dengan sisi feminin.

 

Jared Leto

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JARED LETO (@jaredleto) on

Pada Met Gala 2019, Jared Leto menenteng kepalanya sendiri. Mengenakan setelan berwarna merah dari Gucci, kepala prostetik yang ditentengnya sebenarnya merujuk pada peragaan Gucci ala Alesandro Michele beberapa season lalu.

 

Kim Kardashian

Sebagai salah satu gadis sampul Vogue, Kim K punya beban mental tersendiri untuk tampil di Met Gala 2019. Untuk itu, dia bekerjasama dengan desainer legendaris Thierry Mugler untuk membuat tampilan istimewa. Baju ini merupakan karya pertama Mugler setelah kurang lebih 20 tahun. Merujuk pada film Boy on A Dolphin yang dibintangi oleeh Sophia Loren, Mugler menciptakan shirtdress bertabur kristal dari bahan semi silikon yang super ketat. Untuk mengenakan ini, Kim K harus rela mengenakan korset super ketat yang membuatnya sulit untuk duduk!

 

Katy Perry

Pada Met Gala kali ini, Katy Perryy memilih untuk menjadi lampu gantung. Mengenakan gaun karya Jeremy Scott untuk Moschino, Katy Perry tampil bersinar secara harfiah lewat gaun ini.

Manakah tampilan yang jadi favorit kamu ladies?

 

Trending
Empower

Walau Kurus, Kenapa Wanita Korea Selatan Anggap Dirinya Gemuk?

Rahma Fitriani Masayu | 2 jam yang lalu
Walau Kurus, Kenapa Wanita Korea Selatan Anggap Dirinya Gemuk? Walau Kurus, Kenapa Wanita Korea Selatan Anggap Dirinya Gemuk?

STYL.ID, Jakarta-- Terkadang kita suka merasa kagum dengan bentuk tubuh wanita lain, apalagi seleb-seleb Korea Selatan. Itu membuat diri kita termotivasi agar bisa mendapat bentuk tubuh yang diinginkan. Namun tahu gak sih kamu ladies, menurut sebuah survei para wanita di Korea Selatan cenderung menganggap diri mereka lebih gemuk daripada kelihatannya. Wah kok bisa ya?

Survei yang dipimpin oleh profesor Kwon Jin won dari Kyungpook National University dan Park Suzan of Institute of Health and Environment of Seoul National University, sekitar 20 persen atau 5.002 orang dari 25.281 orang perempuan mengatakan kelebihan berat badan, padahal berat badan mereka normal.

Bahkan yang lebih mengejutkan, sebanyak 1,1 persen atau 274 orang yang berat badannya normal justru merasa mengalami obesitas.

Mereka yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 30 dianggap mengalami obesitas, sementara orang-orang dengan BMI 25 dan 29,9 dianggap masuk kategori kelebihan berat badan.

Sekitar 27,6 persen perempuan mengatakan bahwa mereka masuk dalam kelompok yang kelebihan berat badan padahal tidak, sementara 27,2 persen dari 18.602 pria yang ditanya menganggap mereka termasuk dalam kelompok orang-orang kurus.

Menurut survei tersebut, sekitar 66 persen wanita memiliki berat badan normal, namun hanya 40,6 persen yang mengatakan bahwa mereka termasuk dalam kelompok dengan berat badan sedang.

Pada kaum adam, hanya 39,5 persen dari mereka yang mengatakan memiliki berat badan normal, meskipun sebenarnya 60,5 persen pria tergolong normal.

Survei tersebut juga menunjukkan kualitas hidup dari mereka yang menganggap dirinya kelebihan berat badan atau obesitas lebih rendah daripada mereka yang mengira berbobot normal.

"Rasio orang yang menganggap dirinya gemuk meski berat badan normal masih tinggi. Kita perlu memperhitungkan kisaran berat badan normal dan bobot kita sendiri dengan cara yang akurat sehingga kita bisa meningkatkan kualitas hidup kita," kata Jin-won seperti dilansir Kantor Berita Yonhap. 

 

Trending
TOP