Fashion

RUNWAY: Dekade Futuristik Sapto Djojokartiko

Subkhan J. Hakim | 24 September 2018 - 19:00
RUNWAY: Dekade Futuristik Sapto Djojokartiko RUNWAY: Dekade Futuristik Sapto Djojokartiko

STYL.ID, Jakarta--Kabar peragaan Sapto Djojokartiko datang secara singkat lebih dari tiga pekan lalu. Semuanya serba rahasia. Petunjuknya ringkas: 'lokasi semi outdoor di daerah Senayan, tanggal 20 September 2018 pukul 10.00 WIB.'

Baca JugaIni Debut Koleksi Womenswear Heaven Tanudiredja

Tidak ada harapan yang terlampau tinggi atau kejutan tertentu sampai akhirnya kontak dari tim Sapto Djojokartiko kepada #STYLTeam berlanjut: 'Nama yang hadir harus sama dengan undangannya.' Cukup jarang peragaan desainer Indonesia yang sungguh-sungguh memastikan konfirmasi kehadiran sejak jauh-jauh hari dan sangat ketat untuk memastikan tamunya sejak awal.

Kejutan menyenangkan itu akhirnya muncul beberapa hari sebelum tanggal 20 September 2018. Undangan berwarna pastel itu sederhana saja. Isinya nama setiap tamu penerima undangan (ditulis dengan sapaan Prancis Madame untuk perempuan dan Monsieur untuk laki-laki) beserta nomor bangku tempat mereka duduk. Lokasinya? Tertulis jelas: Istora Senayan.

Untuk mereka yang menggeluti bidang mode di Indonesia, pasti tahu persis kalau jarang ada--atau bahkan tidak ada--desainer Indonesia yang pernah menggelar peragaan busana di Istora Senayan. Lebih tepatnya lagi, secara spesifik di salah satu foyer Istora yang dibangun pada tahun 1962 dan baru-baru ini dipugar untuk Asian Games 2018.

"Ada alasan tersendiri kenapa kami harus menggelar show tepat pada pukul 10.00 pagi," kata Sapto pada konferensi pers usai peragaan, Kamis, 20 September 2018. Menurut dia, jika diadakan lebih siang dari pukul 10.00 teras belakang Istora itu akan langsung mendapat limpahan sinar matahari yang membuat siapapun yang hadir akan kepanasan lebih lama lagi.

Di Jakarta, peragaan mode yang meminta tamunya hadir pukul 09.30 WIB di hari kerja adalah barang langka. Uniknya, 182 tamu yang diundang secara khusus dengan nomor tempat duduk plus ratusan lain yang mendapatkan undangan berdiri, rela hadir sejak pukul 09.00 pagi. Termasuk diantaranya Maudy Ayunda, Najwa Shihab, Titi Rajo Bintang, Yoshi Sudarso, Patricia Gouw, Cindy Karmoko, hingga Afgan yang datang terlambat di tengah peragaan. Atau juga deretan atlet seperti Lindswell Kwok hingga Christopher Rungkat yang juga hadir hari itu. Hampir semuanya mengenakan pakaian karya Sapto.

Alasan lain dari pemilihan Istora Senayan adalah sisi historis dari Istora yang dibangun untuk Asian Games 1962, dan juga digunakan lagi untuk event yang sama pada 2018. Tempat ini juga menjadi latar yang tepat untuk menyuguhkan koleksi penuh dari Sapto Djojokartiko. Dari teras ini, skyline Jakarta yang modern terlihat jelas, dan lekuk Istora yang dirancang lebih dari 40 tahun lalu memperlihatkan kecenderungan minimalistik-futuristik jauh sebelum kecenderungan itu populer.

Istora juga menjadi lokasi alternatif dibandingkan ballroom hotel berbintang bagi Sapto untuk pertama kalinya menggelar peragaan kalender musiman. Ini merupakan yang pertama sepanjang karirnya yang sudah memasuki satu dekade.

"Sejak memulai ready to wear pada 2014 dan melihat responnya beberapa tahun terakhir, saya baru merasa koleksi saya bisa diterima oleh banyak orang," ujar Sapto. Dia tidak sesumbar. Sapto kini menjalin kerjasama secara ekslusif dengan e-commerce international Moda Operandi. 

Itu sebabnya dalam perayaan satu dekadenya ini, Sapto ingin menunjukkan kalau dia bisa merancang apapun. Mulai dari espadrilles, selop, hingga sneakers, atau mulai dari t-shirt, kacamata, tas kulit, hingga sneakers. Dan yang paling baru adalah kemunculan deretan koleksi untuk pria dari label Sapto Djojokartiko.

Toh ini bukan test case perdana Sapto Djojokartiko menghadapi ready to wear beberapa tahun terakhir. Sebelumnya dia pernah berkolaborasi dengan label ritel lain dan hasilnya laris manis.

"Kami hanya ingin menjawab demand dari konsumen yang selama ini muncul. Banyak dari mereka yang menanyakan koleksi pria, kami coba akomodasi dan begitu juga yang lainnya," kata Sapto. Meskipun sifatnya hanya berupa pre-order, Sapto membuktikan kalau dia punya prinsip 'Palu Gada' alias 'Lo mau apa, gue ada.'

Koleksinya untuk musim semin 2019 ini sendiri, kata Sapto, terinspirasi dari teknologi dan interaksi manusia terhadapnya. Itu ditandai dengan detail bordir dan print yang menyerupai chip, namun sebenarnya merupakan gabungan dari motif tradisional Indonesia.

Ini merupakan sesuatu yang sudah lama digeluti oleh Sapto sejak koleksi Penara pada 2014. Dan motif penara tadi sukses besar, dan kini ia ingin menunjukkan kalau sebagai rumah mode, Sapto bisa membikin hal lain. "Ini sebenarnya sesuatu yang futuristik tapi juga organik," kata dia.

Lewat koleksi ini, Sapto juga berhasil mengawinkan tren street-style yang menguat dalam mode beberapa tahun belakangan dengan idealismenya sendiri untuk mengusung sesuatu yang intricate, dan penuh detail. Peragaan ini juga menunjukkan kalau Sapto berhasil menaikkan standar soal bagaimana sebuah peragaan busana itu dilangsungkan.

Bukan hanya soal lokasi yang bersejarah dan unexpected. Tapi juga aspek lain seperti undangan, ketepatan waktu peragaan yang digelar tanpa seremoni bagi-bagi buket bunga, hingga pelaksanaan konferensi pers yang digelar setelah peragaan busana, sehingga jurnalis bisa mengajukan pertanyaan yang lebih beralasan. Ini melawan kecenderungan umum peragaan mode Indonesia yang penuh seremoni dan basa-basi hingga tidak jarang kehilangan esensi.

Singkat kata, jika Sapto Djojokartiko konsisten dengan caranya saat ini, maka bukan tidak mungkin dalam satu dekade lagi, kita bisa melihat rumah mode internasional pertama asal Indonesia dalam lini premium ready to wear. Itu bukan suatu hal yang mustahil.

Baca Juga: [RUNWAY] Romantisme Pernikahan Minimalis ala Sapto Djojokartiko

Jangan lupa untuk SUBSCRIBE YouTube STYL.ID dan Follow #STYLTeam di Instagram untuk tahu lebih banyak update ya!

Image via Juno Projects Video by #STYLTeam

DIY

Jika Malas Ganti Sikat Gigi, Bahaya Ini yang Akan Kamu Dapatkan

Rahma Fitriani Masayu | 2 jam yang lalu
Jika Malas Ganti Sikat Gigi, Bahaya Ini yang Akan Kamu Dapatkan Jika Malas Ganti Sikat Gigi, Bahaya Ini yang Akan Kamu Dapatkan

STYL.ID, Jakarta-- Hayoo ngaku, apakah kamu suka malas mengganti sikat gigi kamu sampai benar-benar usang? Memang sih, kadang untuk mengganti sikat gigi, kebanyakan orang menunggu hingga benar-benar rusak dan gak layak untuk dipakai. Ternyata itu sama saja bisa memperburuk kesehatan gigi dan mulut kamu lho.

Bagi kamu yang suka membiasakan hal ini, sebaiknya mulailah mengganti sikat gigi secara berkala antara tiga hingga empat bulan sekali. Dikutip Pulse, tempat lembab seperti kamar mandi membuat kuman atau bakteri semakin mudah berkembang biak. Karena itu, gak ada alasan lagi deh untuk menunggu hingga sikat gigi rusak.

Bagi yang masih malas melakukannya, berikut ini masalah yang akan dihadapi bila tak segera mengganti sikat gigi. 

1. Risiko Gigi Rusak


 
Bila bulu sikat sudah terlihat ada yang rusak, tak perlu menunggu tiga sampai empat bulan. Sebaiknya langsung diganti, karena bulu sikat gigi yang jarang akan sulit menjangkau kotoran makanan dan minuman yang menempel pada sela-sela gigi. Hal ini bisa membuat gigi semakin rentan keropos.

Kuman dan bakteri di mulut yang tak bisa dijangkau bulu sikat yang jarang itu maka akan semakin menumpuk. Bila kotoran tersebut terus mengendap dan semakin banyak maka risiko kerusakan gigi akan semakin cepat. Dan kemungkinan untuk menelannya semakin besar, dikhawatirkan akan memicu gangguan kesehatan lainnya.

2. Risiko Kerusakan Gusi

Membiarkan sikat gigi usang dapat mengikis enamel yang berujung pada infeksi. Jika tak diobati segera maka bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Bau Mulut

Jangan biarkan bau mulut mengancam hari-hari kamu ya ladies, hal ini bisa juga mengakibatkan turunnya kepercayaan diri. Sikat gigi yang sudah tak bisa digunakan dengan baik akan meninggalkan kotoran makanan dan minuman yang menyebabkan bau mulut. Tak hanya itu, bila dibiarkan maka masalah serius lainnya akan muncul.

Subscribe to our newsletter

Connect with us

DIY

Bikin Es Lidah Buaya yang Segar saat Cuaca Panas

Rahma Fitriani Masayu | 2 jam yang lalu
Bikin Es Lidah Buaya yang Segar saat Cuaca Panas Bikin Es Lidah Buaya yang Segar saat Cuaca Panas

STYL.ID, Jakarta-- Lidah buaya atau Aloe Vera tidak hanya bermanfaat sebagai penyubur rambut dan penyembuh luka saja, namun juga bisa digunakan untuk perawatan kulit. Selain itu, tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam ini juga sangat baik untuk dikonsumsi, seperti diolah menjadi es lidah buaya yang segar, sehat dan enak. Bagaimana cara membuatnya? Yuk simak ladies.

Bahan-bahan:

  • 2 lidah buaya (ambil dagingnya)
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • Air secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar daun pandan 
  • 1/2 sendok teh vanilli
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas lidah buaya, ambil dagingnya, potong-potong kemudian cuci sampai bersih.
  2. Hancurkan kapur sirih lalu aduk dengan air.
  3. Rendam lidah buaya dengan larutan kapur sirih dan garam, diamkan selama 1 jam.
  4. Selanjutnya cuci kembali lidah buaya hingga tidak berlendir dan bersih.
  5. Rebus potongan lidah buaya selama 10-15 menit.
  6. Masak air yang telah dicampur daun pandan, gula pasir dan vanilli hingga mendidih. Lalu masukkan potongan lidah buaya ke dalam rebusan air tersebut. Aduk-aduk sebentar, lalu tiriskan.
  7. Dinginkan lidah buaya selama beberapa menit. Jika sudah dingin, tambahkan dengan es batu atau bahan lain seperti selasih dan markisa sesuai selera.

DIY

Gini Membuat Bibir Merah Alami Secara Permanen

Rahma Fitriani Masayu | 2 jam yang lalu
Gini Membuat Bibir Merah Alami Secara Permanen Gini Membuat Bibir Merah Alami Secara Permanen

STYL.ID, Jakarta-- Memiliki bibir merah alami tentu menjadi idaman setiap wanita. Bibir merah dianggap sangat mempengaruhi kecantikan wajah. Beragam cara dilakukan mulai dari memakai lipstik hingga cara yang lebih permanen dengan melakukan sulam bibir.

Namun tahu gak sih kamu ladies, bahwa ada cara yang lebih mudah, praktis, hemat dan tidak menyakitkan untuk membuat bibir kamu tampak merah alami.

Cara untuk memerahkan bibir secara alami mengoptimalkan kahsiat bahan-bahan yang mudah ditemukan bisa menjadi rekomendasi yang patut kamu coba. Untuk memulainya, berikut tips mudah membuat bibir kamu tampak merah natural:

1. Pasta gigi

Bahan yang satu ini ternyata bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan gigi saja, namun kandungan yang ada dalam pasta gigi mampu membuat bibir kamu tampak merah alami. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi putih pada permukaan bibir yang telah dibersihkan. Diamkan semalaman dan basuh pada pagi harinya. Namun perlu diingat, cara ini bisa dicoba dengan syarat bibir kamu dalam keadaan sehat.

 

2. Sikat gigi bekas

Jangan dulu membuang sikat gigi bekas kamu ke tempat sampah ya ladies. Dengan menggunakan sikat gigi bekas kamu bisa membuat bibir tampak merah alami. Pastikan sikat gigi bekas yang akan dipakai telah dicuci hingga bersih. Setelah itu gosok bibir dengan menggunakan sikat gigi bekas tersebut secara lembut dalam beberapa menit. Jangan lupa gunakan sikat gigi yang lembut agar tidak melukai bibir.

3. Madu

Madu memang dikenal dengan banyak khasiatnya. Mengoleskan madu murni pada permukaan bibir hingga kandungan alaminya meresap pada bagian terdalam bibir selama satu malam penuh. Madu merupakan bahan alami yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dan merawat kecantikan, termasuk membuat bibir kamu tampak merah alami.

4. Buat masker bibir alami

Air lemon dan madu murni bisa menjadi ramuan untuk membuat masker bibir. Seperti halnya wajah, bibir juga perlu dirawat dengan cara di masker.  Caranya dengan ambil satu sendok makan air dicampur dengan air lemon dan madu lalu aduk hingga merata. Setelah itu oleskan dengan lembut dan merata pada bagian permukaan bibir. Tunggu hingga 10-15 menit sampai ramuan tersebut meresap setelah itu baru bersihkan dnegan membilasnya dengan air.

5. Glycerin dan susu bubuk

Ternyata glycerin dan susu bubuk juga ampuh memerahkan bibir. Caranya dengan mengcampurkan satu sendok teh susu bubuk dan glycerin, aduk hingga membentuk pasta dan oleskan pada permukaan bibir. Sebaiknya lakukan metode ini setiap malam sebelum tidur. Untuk hasil terbaik lakukan cara ini secara rutin, dan lihat hasilnya bibir kamu akan tampak merah alami.

Selain 5 cara di atas, jangan lupa usahakan juga untuk tak mengkonsumsi makanan yang berwarna selama melakukan cara alami ini, terutama minuman yang membuat bibir berwarna kusam kehitaman.

Active

Ternyata Buah Ini Bisa Kontrol Suasana Hati Kamu Lho

Rahma Fitriani Masayu | 2 jam yang lalu
Ternyata Buah Ini Bisa Kontrol Suasana Hati Kamu Lho Ternyata Buah Ini Bisa Kontrol Suasana Hati Kamu Lho

STYL.ID, Jakarta-- Sadar gak ladies, jika banyak hal yang dapat memicu stres seperti pekerjaan atau masalah pribadi. Dan kondisi ini pun bisa saja memperburuk keadaan kamu. Lalu bagaimana cara kamu mengatasi suasana hati yang buruk? Dilansir dari Boldsky, ternyata untuk meredakan stres ternyata cukup dengan menikmati buah-buahan di bawah ini kok. 

1. Jeruk

Buah yang satu ini dikenal juga sebagai penangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan, vitamin A, B serta C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan stress. Selain itu dengan jeruk juga dapat menurunkan ketegangan otak.

2. Pisang

Vitamin A, B, C serta berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, potasium dan magnesium, bekerja membantu meredakan stres dan gelisah.

3. Blueberry

Selain dapat mengurangi berat badan, kandungan mangan, magnesium, vitamin A dan E juga dapat mengendalikan stres. Dengan mengonsumsi secara rutin, maka suasana hati pun ikut terkontrol.

Fashion

Ini Keseruan yang Bisa Kamu Temukan di Beautyfest Asia 2019

Rahma Fitriani Masayu | 2 jam yang lalu
Ini Keseruan yang Bisa Kamu Temukan di Beautyfest Asia 2019 Ini Keseruan yang Bisa Kamu Temukan di Beautyfest Asia 2019

STYL.ID, Jakarta-- BeautyFest Asia 2019 akan kembali diselenggarakan oleh Popbela pada tanggal 29, 30 dan 31 Maret 2019 mendatang. Di tahun ketiganya,  BeautyFest Asia mengangkat #IAMREAL menjadi tema besar dengan berbagai acara menarik di antaranya Beauty Exhibition, Makeup Class, Talkshow dan Meet & Greet dengan berbagai Make Up Artist dan Influencers ternama di bidang kecantikan dan kesehatan.

Beautyfest Asia 2019 akan menghadirkan berbagai nama besar yang sangat berpengaruh di dunia kecantikan dan telah memiliki jutaan pengikut di akun instagram dan juga saluran YouTube yaitu Manny MUA dan Risabae. Cukup dengan membeli jenis tiket 3 days pass para pengunjung sudah bisa bertemu langsung dengan Risabae.

Sedangkan untuk Manny MUA ada 3 (tiga) program yang bisa kamu ikuti yaitu, beauty demo, talkshow dan juga meet and greet. Syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Berbelanja senilai Rp 250.000 disetiap tenant BeautyFest Asia (berlaku akumulatif), diperbolehkan memilih salah satu antara Beauty Talkshow atau Beauty Demo by Manny MUA
  2. Berbelanja senilai Rp 400.000 disetiap tenant BeautyFest Asia (berlaku akumulatif), diperbolehkan mengikuti Beauty Talkshow atau Beauty Demo by Manny MUA
  3. Berbelanja senilai Rp 500.000 disetiap tenant BeautyFest Asia (berlaku akumulatif), diperbolehkan mengikuti Beauty Talkshow, Beauty Demo dan meet and greet (untuk 50 penukar pertama)

Selain itu akan ada lebih dari 20 nama influencer Indonesia yang turut meramaikan Beautyfest Asia tahun ini, diantaranya Jovi Adhiguna, Lizzie Parra, Titan Tyra, Tasya Farasya, Devienna, Marcella Kikyanto, dan lainnya.

Para beauty influencer ini akan membagikan tips serta trik kecantikan melalui talk show dan juga meet and greet. Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya Beautyfest Asia tahun ini menggandeng para make up artist profesional seperti Ryan Ogilvy, Dirman Putra dan masih banyak yang  lainnya untuk berbagi ilmu dalam master class mereka dan juga yang paling special adalah hadirnya sejumlah inspiring woman untuk berbagi ilmu dan kisah-kisah inspiratif mereka dalam berbagai talkshow seperti, Breaking Indonesia Beauty Standard, How to be a Successful Entrepreneur, The Importance of Self Care dan masih banyak lagi.

Lalu Beautyfest Asia 2019 akan semakin dimeriahkan lagi dengan penampilan dari Reza Artamevia dan Hanin Dhiya di acara Beauty Award yakni sebuah acara penghargaan untuk para pelaku industri kecantikan dan juga brand-brand kecantikan yang selalu menyajikan berbagai produk inovatif.

Untuk menikmati semua keseruan ini, para pengunjung bisa membeli tiket sesuai kebutuhan. Terdapat 2 (dua) kategori tiket yang disediakan, yaitu daily pass seharga Rp75.000 dan juga 3 days pass seharga Rp199.000. Tiket dapat dibeli pada link berikut bit.ly/tiket-bfa2019

Celeb

Bikin Bangga! Via Vallen Raih Penghargaan di Rusia

Rahma Fitriani Masayu | 2 jam yang lalu
Bikin Bangga! Via Vallen Raih Penghargaan di Rusia Bikin Bangga! Via Vallen Raih Penghargaan di Rusia

STYL.ID, Jakarta-- Pedangdut cantik Via Vallen membuat musik dangdut naik kelas dengan pencapaiannya nih ladies. Via berhasil membawa pulang piala dari BraVo Awards 2019 di Moskow, Rusia. 

"Alhamdulillah ???? Thankyou so much to Allah Swt for everything in my life. Thankyou my parents, my family who always support me all the time. Thanks to my team Viva Management, Ascada Music Indonesia and also the biggest thanks to vyanisTy who always support me whatever I am"

"Actually i am still in shock that my music is being recognized far away from home. I hope that all the people in the world can enjoy my music. Thankyou bravo premia for having me and this appreciation Bravo music dangdut Indonesia ♥?" tulis Via di instagram.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Via Vallen (@viavallen) on

Atas prestasi Via, ia mendapat banyak pujian dari warganet. "Dari semua penyanyi dangdut Indonesia, cuma kak @viavallen yg go internasional... ???????? Selamat yaa kak.." tulis netizen. 

"Suksessss dan bangga bgt ama Via Vallen yg bawa Dangdut Ke Kanca International...." sahut yang lain.
 

Active

Sudah Rajin Olahraga Tapi Berat Badan Nggak Turun? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Nada Inditya Lifa | 2 jam yang lalu
Sudah Rajin Olahraga Tapi Berat Badan Nggak Turun? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya! Sudah Rajin Olahraga Tapi Berat Badan Nggak Turun? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

STYL.ID, Jakarta--Bukan hanya untuk menyehatkan tubuh saja, olahraga juga sering dijadikan alternatif untuk membantu menurunkan berat badan dan menjadi penyeimbang diet. Karena, olahraga memang dapat membakar kalori pada tubuh dan tentu saja dapat menurunkan berat badan. 

Tapi, beberapa orang merasakan bahwa meski sudah rajin berolahraga, berat badan tetap nggak turun-turun. Well, hal ini mungkin bisa jadi penyebabnya!

Baca juga: 3 Alasan Untuk Mulai Minum Air Lemon Secara Rutin

Pola makan tidak baik

Selain berolahraga, menurunkan berat badan juga harus diseimbangi dengan pola makan yang baik. Percuma saja kalau sehabis berolahraga kamu malah makan makanan berlemak yang kamu anggap sebagai "reward" setelah berolahraga. Bukan hanya makanan sehat saja, jam makan juga berpengaruh lho! Jadi, lebih perhatikan lagi pola makanmu ya, ladies

Terlalu lama kardio

Kardio memang baik untuk kesehatan jantung dan tubuh. Namun, baiknya lakukan kardio hanya 15-30 menit saja ya, ladies! Karena, melakukan olahraga kardio secara berlebihan justru akan menggerus otot kamu. Sia-sia deh nanti!

Kurang istirahat

Olahraga sudah, makan sehat juga sudah, tapi tetap tidak turun berat badanmu? Nah, coba teliti lagi pola tidurmu, ladies. Kira-kira sudah 8 jam belum? Idealnya, tidur yang cukup adalah 7 hingga 8 jam sehari.

Nah, jadi itu dia tadi alasan kenapa berat badanmu nggak turun-turun meskipun sudah rajin berolahraga. Semangat terus ya, ladies!

Baca juga: Sering Insomnia? Berikut 3 Cara Ampuh untuk Menghilangkannya 

Jangan lupa untuk SUBSCRIBE YouTube STYL.ID dan Follow #STYLTeam di Instagram untuk tahu lebih banyak update ya!
 

 

TOP